Share

Dinas Pengairan Realisasikan 266 Embung

Dinas Pengairan Bojonegoro hingga saat ini telah meralisasikan 266 embung dari seribu embung yang ditargetkan. Rencananya pembangunan seribu embung untuk mendukung Bojonegoro sebagai lumbung negeri itu akan tuntas pada 2018 mendatang.

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Pengairan Bojonegoro hingga saat ini telah meralisasikan 266 embung dari seribu embung yang ditargetkan. Rencananya pembangunan seribu embung untuk mendukung Bojonegoro sebagai lumbung negeri itu akan tuntas pada 2018 mendatang.

“Hampir semua kecamatan sekarang ini sudah ada embung,” kata Edi Susanto, Kepala Dinas Pengairan Bojonegoro, Kamis (28/8/2014).

Edi menjelaskan, program seribu embung ini masih terkendala ketersediaan lahan. Karena itu untuk mensiasatinya, akan dibangun cek dam diatasnya guna menormalisasi sungai dengan catatan lebar sungainya sekira tujuh meter.

Menurut dia, pembangunan seribu embung ini untuk meningkatkan indeks tanaman dari 1,6 menjadi 2.

“Itu bisa terealisasi jika pembangunan seribu embung tuntas,”tegas Edi.
Dalam pembangunan embung ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan agar tidak terkendala nantinya. Yakni prakonstruksi, konstruksi, pemanfaatan dan perawatan.(**/numcb)

Leave a Comment