Share

Dinkes Imbau Sediakan Ruang laktasi Ibu Menyusui

Bojonegoro, 29/8 (Media Center) – Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro menghimbau kepada semua instansi pemerintah maupun swasta untuk menyediakan ruang laktasi bagi ibu menyusui. Hal ini untuk mendukung gerakan Ibu Menyusui dari pemerintah pusat.

 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, dr Hernowo menyampaikan, meski belum ada regulasi ditingkat daerah, namun sudah ada Peraturan Pemerintah No 33 tahun 2012 tentang pemberian Air Susu Ibu Ekslusif yang mewajibkan hal tersebut.

“Kita terus melakukan sosialisasi untuk penyediaan ruang laktasi ini,” imbuhnya.

 

Menurutnya, seorang anak berhak mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan dan bisa dilanjutkan hingga usia 2 tahun atau lebih. Sehingga, bagi ibu yang aktif bekerja bisa dengan leluasa menggunakan ruang laktasi ini untuk memerah susu sebagai cadangan ASI bagi anaknya saat ditinggal bekerja.

 

“Di Bojonegoro ada beberapa intansi pemerintah yang sudah menyediakan ruang laktasi, tapi jumlahnya sangat sedikit,” tukasnya.

Hernowo mengungkapkan, tingkat pemberian ASI kepada anak di Kabupaten Bojonegoro sudah mencapai 87 persen. Sisanya, banyak yang memberikan susu formula sebagai pengganti atau tambahan ASI disaat sang ibu sedang bekerja.

 

“Kita terus berikan pemahaman kepada ibu yang bekerja supaya aktif memberikan ASI nya,” tegas Hernowo.(*dwi/mcb)

Leave a Comment