Share

Diprediksi Hujan, Bojonegoro Masuki Siaga 2

Bojonegoro (Media Centre) – Memasuki akhir musim penghujan, Tinggi Muka Air (TMA) Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Sejak Jumat (24/4) kemarin, posisi TMA Bengawan Solo yang terpantau di Taman Bengawan Solo (TBS) Bojonegoro berada pada posisi siaga 1. Kondisi ini terus naik dan pada Sabtu (25/4/2015) pukul 13.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro menginformasikan status Bengawan Solo telah memasuki Siaga 2 dnegan TMA 14.02 peilschaal.

“Tren di Bojonegoro naik, sementara di daerah Karangnongko mulai turun,” jelas Andik Soedjarwo, Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro saat dib=hubungi kanalbojonegoro.com.

Kondisi ini, lanjut Andik, masih akan berlanjut hingga malam nanti. Ia memprediksi, nanti malam air kiriman dari Dungus Ngawi mulai memasuki Bojonegoro. Hal ini lantaran, kondisi di Dungus cukup tinggi. Belum lagi adanya potensi hujan yang terjadi baik di wilayah Bojonegoro maupun daerah hulu Bengawan Solo.

“Berdasarkan prakiraan BMKG, hari ini beberapa daerah termasuk Bojonegoro ada potensi hujan sedang hingga lebat. Jika hujan, dipastikan TMA akan terus naik,” lanjut mantan Camat Tambakrejo ini.

Ia menyebutkan, hingga saat ini belum ada laporan terkait daerah yang terdampak luapan sungai terpanjang di Pulau Jawa ini.

“Sampai saat ini belum ada laporan, tapi kita imbau masyarakat tetap waspada dengan kenaikan muka air ini,” tukasnya.(*Lya/mcb)

Leave a Comment