Share

Disbudpar Bentuk Tim Ekspedisi Bojonegoro

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro tengah membentuk tim untuk melakukan ekspedisi sejarah dan budaya. Nantinya, tim ini akan diterjunkan untuk mencari potensi dan cagar budaya serta sejarah di Bojonegoro, kemudian hasil akhirnya akan disusun sebuah buku.

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro tengah membentuk tim untuk melakukan ekspedisi sejarah dan budaya. Nantinya, tim ini akan diterjunkan untuk mencari potensi dan cagar budaya serta sejarah di Bojonegoro, kemudian hasil akhirnya akan disusun sebuah buku.

Hal ini dikatakan Suyanto, Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya, Disbudpar Bojonegoro saat menggelar rapat bersama para aktivis dan pemerhati sejarah dan budaya di Bojonegoro, Sabtu (10/1/2014) malam. Suyanto menyebutkan, kondisi keberadaan cagar budaya di masyarakat Bojonegoro saat ini sangat memerlukan adanya tindak lanjut yang direalisasikan dengan direncanakannya Ekspedisi Bojonegoro.

“Potensi cagar budaya di Bojonegoro masih banyak yang belum terdata, dan tim ekspedisi inilah yang nantinya akan mengambil data dan informasi sebanyak-banyaknya sebagai landasan adanya upaya pelestarian dan pemanfaatan lainnya,” jelas Suyanto.

Dari pertemuan ini, dihasilkan tiga tim yang akan bekerja di berbagai bidang yakni Bidang potensi cagar budaya dan sejarahnya, bidang potensi nilai budaya dan sejarahnya, serta bidang karya budaya dan sejarahnya. Ketiga tim ini nantinya akan bergerak atas arahan panitia khusus dari Disbudpar Bojonegoro yang akan mulai melakukan ekspedisi pada Februari mendatang.

Tak hanya beranggotakan para aktivis dan pemerhati sejarah di Bojonegoro, Ekspedisi Bojonegoro juga akan menggandeng para pakar sejarah dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia.(**mcb)

Leave a Comment