Share

Disbudpar Bentuk Tim Pendaftaran Cagar Budaya

Setelah dibentuk, Tim Pendaftaran Cagar Budaya Bojonegoro akan segera melakukan tugasnya. Tim yang bertugas mendata serta mendaftarkan benda-benda maupun situs cagar budaya ke tingkat pusat ini tengah memilah benda-benda cagar budaya yang akan diajukan.

Bojonegoro (Media Center) – Setelah dibentuk, Tim Pendaftaran Cagar Budaya Bojonegoro akan segera melakukan tugasnya. Tim yang bertugas mendata serta mendaftarkan benda-benda maupun situs cagar budaya ke tingkat pusat ini tengah memilah benda-benda cagar budaya yang akan diajukan.

Suyanto, Kabid Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro mengatakan, pembentukan tim ini merupakan instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar bisa mendata dan menindaklanjuti keberadaan situs maupun benda cagar budaya di seluruh Indonesia. Bahkan, berbagai perlengkapan telah diterima oleh Tim Pendaftaran Cagar Budaya Bojonegoro, Kamis (20/11/2014).

“Kami sudah terima komputer, kamera hingga peralatan identifikasi lainnya seperti jangka sorong dan GPS,” ujarnya.

Sementara itu, ada beberapa situs maupun benda yang menjadi bidikan untuk didaftarkan di ke tingkat nasional. Hal ini seperti yang dikatakan Nunung Dianawati, anggota tim pendaftaran cagar budaya Bojonegoro.

“Saat ini masih kami diskusikan, mana yang kami ajukan. Tapi untuk fosil paus kemungkinan akan kami ajukan agar dilakukan penelitian lebih dalam,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Bojonegoro memiliki potensi yang besar di bidang sejarah maupun kepurbakalaan. Hal ini terbukti dengan penemuan fosil paus yang merupakan penemuan fosil paus terbesar di Indonesia.(**mcb)

Leave a Comment