Share

Disdik Bojonegoro Siapkan Merger 15 SD

Untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan dan efisisensi biaya operasional sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro menyiapkan 15 Sekolah dasar (SD) untuk di merger di tahun 2015 ini.

Bojonegoro (Media Center) – Untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan dan efisisensi biaya operasional sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro menyiapkan 15 Sekolah dasar (SD) untuk di merger di tahun 2015 ini.

Kasi Kesiswaan TK/SD, Sukarni menyebutkan, ada berbagai hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan sekolah mana saja yang akan dimerger atau regrouping. Beberapa diantaranya merupakan sekolah yang jumlah muridnya menurun.

“Rata-rata yang akan dimerger adalah sekolah satu halaman seperti SDN Kadipaten I dan Kadipaten II,” jelasnya.

Regrouping yang akan dilakukan pada 15 SD ini merupakan implementasi dari Kepmendiknas No.60/U/2002. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk pemerataan guru dan kepala sekolah.

“Kalau untuk tenaga guru kelas, hampir semuanya masih tetap digunakan di sekolah masing-masing, dan untuk kepala sekolah nanti kita tempatkan di lokasi lain,” imbuhnya.

Selain untuk efisiensi anggaran pendidikan, lanjut dia, merger ini juga sebagai cara untuk pemerataan tenaga pendidik di Bojonegoro. Kebijakan ini juga untuk menghindari rebutan siswa saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan persaingan tak sehat pada sekolah dalam satu halaman.(**mcb)

Leave a Comment