Share

Diserang Wereng, Padi di Dander Bojonegoro Panen Dini

Sebelumnya, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro sendiri telah memperingatkan petani untuk tidak menanam padi, menyusul stock air di Waduk Pacal dinilai sudah tidak mencukupi lagi. Selain itu, dalam berbagai kesempatan juga telah disosialisasikan mengenai serangan hama wereng coklat yang mengancam tanaman padi

Bojonegoro (Media Center) – Selain ancaman kekeringan akibat menipisnya pasokan air dari Waduk Pacal, petani di Bojonegoro Jawa Timur juga harus berhadapan dengan serangan hama wereng coklat yang mulai marak.

Setidaknya hal itu telah dirasakan oleh Saiman, petani asal Desa Ngraseh, Kecamatan Dander, yang mengaku terpaksa melakukan panen dini akibat serangan hama wereng coklat di lahan seluas 1/2 hektar (ha) miliknya.

“Tanaman padi saya usianya 80 hari, terpaksa panen dini sebelum dihabisi wereng,” katanya. Bahkan beberapa petani di sekitar Desa Ngraseh, berencana melakukan pembakaran tanaman padinya demi memotong perkembangbiakan hhama tersebut.

Sebelumnya, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro sendiri telah memperingatkan petani untuk tidak menanam padi, menyusul stock air di Waduk Pacal dinilai sudah tidak mencukupi lagi. Selain itu, dalam berbagai kesempatan juga telah disosialisasikan mengenai serangan hama wereng coklat yang mengancam tanaman padi. (*/mcb)

Leave a Comment