Share

Dishub Bojonegoro Waspadai 11 Lokasi Rawan Laka

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mewaspadai 11 lokasi jalan raya nasional dan provinsi yang rawan kecelakaan (laka) lalu lintas, selama Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijiriyah.

Kepala Bidang Hubungan Darat Dishub Pemkab Bojonegoro, Suhartono, mengatakan di jalur Bojonegoro-Babat, Lamongan, jumlahnya lima lokasi yaitu di Kecamatan Kota, di jembatan Kapas, di Kecamatan Balen, dan dua lokasi di Kecamatan Baureno.

Selain itu, lanjut dia, di jalur Bojonegoro-Padangan, ada enam lokasi, antara lain, di Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, juga jalan mulus mulai Padangan- Kecamatan Ngraho.

“Meskipun jalan Padangan-Ngraho, mulus juga rawan kecelakaan, sebab kendaraan akan melaju dengan kencang,” paparnya.

Di lain pihak, katanya, jalur jalan raya Bojonegoro-Ngajuk, jalan rawan kecelakaan lalu lintas di kilometer 25-26, sebab ada tikungan yang tidak dilengkapi marka dan di kilometer 32-22, di selatan Waduk Pacal.

“Di sejumlah lokasi jalan raya yang rawan kecelakaan kami akan menempatkan petugas Dishub yang didukung dari kepolisian resor (polres),” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan di sepanjang jalan raya di daerahnya dengan panjang jalan nasional 104,65 kilometer dan jalan provinsi sepanjang 50,956 kilometer terdapat 20 lokasi rawan macet.

“Sebagian besar jalan yang rawan macet, sebab adanya pasar tumpah,” ujarnya.

Ia menyebutkan pasar tumpah yang rawan macet hampir terdapat di semua ruas jalan, seperti pasar tumpah di Kecamatan Sumberrejo, Baureno, Kalitidu, juga kecamatan lainnya.

Ia menambahkan pihaknya juga mewaspadai jalan raya Bojonegoro-Nganjuk, di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, rawan banjir bandang yang ditimbulkan dari meluapnya Kali Pacal.

Yang jelas, menurut Kepala Dishub Bojonegoro Iskandar, pemkab mengundang berbagai pihak terkait untuk membahas terkait
penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu, Selasa (30/6).

“Pemkab siap mengamankan penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu tahun ini,” katanya, menegaskan.(as/*mcb)

Leave a Comment