Share

Dishub Segera Operasikan Palang Pintu Kereta Api

Bojonegoro (Media Center) – Pengoperasian tujuh palang pintu kereta api yang telah dipasang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur akan dimulai pada H-6 lebaran Idul Fitri.

“Sekaligus uji coba, palang pintu elektrik akan kami operasikan pada H-6 sampai H+4 lebaran,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro, Iskandar.

Untuk operasional palang pintu yang terletak di tujuh titik rawan ini, Dinas Perhubungan akan menyiagakan 40 personel. Masing-masing palang pintu akan ditempati empat orang.

“Sementara sisanya akan ditugaskan di perlintasan kereta api yang tak berpalang pintu,” lanjut Iskandar.

Untuk biaya operasional dan menggaji para operator ini, Dishub menganggarkan sebesar Rp 1 juta untuk masing-masing operator setiap bulannya. Anggaran ini, lanjutnya diambil dari APBD 2015. Namun, sementara ini operator belum menerima gaji tersebut.

Tujuh palang pintu tersebut, berada di Desa Sraturejo Kecamatan Baureno, Desa Medalem dan Talun Kecamatan Sumberejo, Jalan Panglima Polim Bojonegoro, Desa Kalipang dan Pungpungan Kecamatan Kalitidu, dan Desa Beged Kecamatan Gayam.

Pembangunan tujuh palang pintu elektrik menelan biaya sebesar Rp1,4 miliar dengan rincian per palang pintu senilai Rp200 juta. Dana tersebut berasal dari Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2014.

Sementara itu, di Kabupaten Bojonegoro masih terdapat ratusan perlintasan kereta api lainnya yang belum berpalang pintu. Rencananya, pihak Pemkab Bojonegoro akan segera menambahkan dua palang pintu yang akan dipasang di titik rawan laka kereta api maupun padat pengendara.(lya/*mcb)

Leave a Comment