Share

Disnakertransos Akan Latih Anjal dan Beri Dana Stimulan

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro saat ini tengah lakukan pendataan anak jalanan (anjal). Pendataan ini dilakukan untuk menyiapkan peserta bagi pelatihan yang ditujukan bagi anjal maupun pengemis yang ada di Bojonegoro.

Dwi Harningsih, Kabid Bimbingan Rehabilitas Sosial dan Peningkatan Kesejahteraan Sosial Disnakertransos mengatakan, tahun 2015 ini, pemerintah Bojonegoro telah menyiapkan dana sebesar Rp 33 juta untuk pelatihan maupun dana stimulan bagi keluarga anjal maupun pengemis anak-anak.

Ia menyebutkan, masalah anjal dan pengemis anak-anak ini sulit diatasi. Selain membandel, keterlibatan orang tua maupun keluarga masih cukup minim.

“Biasanya kalau pengemis anak-anak ini bandel. Sudah dirazia beberapa kali selalu kembali,” ujarnya saat ditemuai kanalbojonegoro.com, Senin (11/5).

Untuk mengatasinya, salah satu upaya yang dilakukan adalah pelatihan bagi anjal yang berusia diatas 18 tahun serta dana stimulan bagi keluarga bagi anak yang masih berada pada usia sekolah.

Untuk memberikan stimulan ini, lanjut Dwi, harus pada orang yang tepat. Misalnya pemberian modal usaha berupa barang atau keperluan usaha lainnya.

“Karena Disnakertransos tak boleh menyalurkan stimulan dalam bentuk uang, maka harus ada usaha yang jelas bagi keluarga sasaran. Misalnya usaha warung, toko atau jualan makanan keliling,” tukasnya. (lya/*acw)

Leave a Comment