Share

Disnakkan Akan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Jelang hari Raya Idul Adha pada 5 Oktober 2014 mendatang, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban. Kepala Disnakan, Subekti, memgatakan, pemeriksaan tersebut guna menjamin kelayakan daging kurban saat disembelih baik dari segi kesehatan maupun kesiapan umur hewan.

Bojonegoro (Media Center) – Jelang hari Raya Idul Adha pada 5 Oktober 2014 mendatang, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban. Kepala Disnakan, Subekti, memgatakan, pemeriksaan tersebut guna menjamin kelayakan daging kurban saat disembelih baik dari segi kesehatan maupun kesiapan umur hewan.

Pemeriksaan akan dilakukan di seluruh lokasi penjualan hewan kurban yang ada di Kecamatan Kota Bojonegoro. Kegiatan ini berlangsung setiap tahun agar hewan kurban baik kambing, domba, maupun sapi yang dijual layak konsumsi. Karena, selain melakukan pemeriksaan kesehatan juga memberikan vitamin kepada hewan tersebut.

” Kami akan melakukan pemeriksaan pada akhir bulan September dan beberapa hari jelang Idul Adha. Pemeriksaan terutama bagi sapi yang terkena penyakit septichaemia Epizooticae atau disebut ngorok” jelasnya.

Dari data pemeriksaan hewan kurban tahun lalu, di Kecamatan Kota, terdapat 13 lokasi pedagang, yang menjual hewan kurban domba 398 ekor dan kambing 140 ekor. Jumlah hewan yang terjangkit penyakit mata 23 ekor, penyakit cacar satu ekor, dan tidak cukup umur 27 ekor.(**mcb)

Leave a Comment