Share

Disparbud Bojonegoro Agendakan Pameran Keliling

Banyaknya temuan fosil dan benda- benda purbakala di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menunjukkan besarnya potensi daerah yang belum diketahui, baik oleh masyarakat luas maupun oleh warga bojonegoro sendiri. Melihat kondisi ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bojonegoro mulai mengagendakan pameran keliling untuk temuan-temuan purbakala ini.

Bojonegoro (Media Center) – Banyaknya temuan fosil dan benda- benda purbakala di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menunjukkan besarnya potensi daerah yang belum diketahui, baik oleh masyarakat luas maupun oleh warga bojonegoro sendiri. Melihat kondisi ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bojonegoro mulai mengagendakan pameran keliling untuk temuan-temuan purbakala ini.

Hal ini seperti yang disampaikan Suyanto, Kepala Bidang Pelestarian dan Budaya, Disparbud Bojonegoro. Ia menyatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Banyu Nggawan Bodjanegara (BNB), salah satu komununitas pemerhati sejarah di kabupaten Bojonegoro untuk melakukan pameran keliling.

“Saat ini kita sedang membuat konsep pameran yang akan digelar secara keliling, semacam kita jemput bola dan mendatangi kecamatan atau desa,” ujarnya.

Rencananya, pameran yang akan menampilkan beberapa koleksi dari Museum Rajekwesi ini akan dimulai di 2015 mendatang. Namun tak menutup kemungkinan dilaksanakan segera jika tak ada kendala.

“Kita programkan untuk tahun 2015 ada lima titik, namun jika memungkinkan tahun ini bisa mulai jalan,” imbuhnya. Seperti diketahui, saat iini Museum Rajekwesi Bojonegoro masih belum memiliki gedung sendiri. Maka, pameran keliling ini diharapkan menjadi solusi untuk kembali mengenalkan sejarah Bojonegoro langsung ke masyarakat. (*/lyamcb)

Leave a Comment