Share

DK Bojonegoro Akan Inventaris Aset Seni Budaya

Hasil pendataan tersebut, dikatakan bakal melahirkan rekomendasi pada dinas terkait untuk dapat mengambil langkah penyelematan terhadap hasil pendataan yang telah dilakukan

Bojonegoro (Media Center) – Dewan Kebudayaan (DK) Bojonegoro mengaku telah menyusun program khusus di bidang seni dan budaya Kabupaten Bojonegoro. Hal itu dikatakan oleh Kuzaeni, Ketua DK Bojonegoro periode 2014-2019.

“Ini bentuk kontribusi dari kami, yang tujuannya adalah untuk mengetahui dan mengamankan aset seni budaya di penjuru Bojonegoro,” jelas Kuzaeni. Ia menjelaskan, bentuk kegiatan yang dimaksud adalah pendataan dan inventarisasi aset seni budaya Bojonegoro.

“Tim telah terbentuk, kami segera akan bergerak. Karena program ini kami targetkan selesai semua pada tahun ini,” jelasnya. Tim yang diberi nama Tim Kajian Budaya tersebut, nantinya akan mendata seluruh hal yang berkenaan dengan seni budaya di seantero Bojonegoro.

Langkah awal yang diambil adalah dengan mendatangi kantor kecamatan untuk melakukan pendataan awal. “Disamping itu, kami akan terjun juga ke desa-desa, misalnya mendatangi rumah warga yang menyimpan benda-benda sesuai kriteria,” tambahnya.

Hasil pendataan tersebut, dikatakan bakal melahirkan rekomendasi pada dinas terkait untuk dapat mengambil langkah penyelematan terhadap hasil pendataan yang telah dilakukan. “Karena memang begitu aturannya, kami hanya akan merekomendasikan,” jelasnya.

Kuzaeni juga berangan-angan, dari program tersebut dapat melahirkan kontribusi lainnya yang lebih riil. “Bisa juga akan kami terbitkan buku mengenai itu,” pungkasnya. (*/mcb)

Leave a Comment