Share

DLH Bojonegoro Gagal Panen Kompos TPA

Bojonegoro, 21/8 (Media Center) –  Rencana panen kompos di Tempat Pemrosesan Sampah (TPA) di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) gagal dilakukan. Hal ini lantaran tumpukan sampah yang akan dipanen memiliki komposisi sampah plastik yang hingga kini belum terurai meski sudah ditumpuk hingga 10 tahun lebih.

“Ternyata pengelolaan sampah di TPA dulu belum ada pemilahan antara sampah plastik dan sampah organik. Jadi di bagian bawah zonasi A yang seharusnya bisa dipanen isinya 95 persen adalah sampah plastik,” terang Sholeh Fatoni, Kepala Bidang Persampahan DLH Bojonegoro, Selasa (21/8).

Fathoni menjelaskan, pemanenan kompos ini sebelumnya telah direncanakan dilakukan pada Agustus 2018.  Dengan gagalnya dilakukan pemanenan di zonasi aktif ini, DLH mencari solusi agar TPS tetap bisa menampung sampah meski saat ini telah melebihi daya tampung.

“Sampai saat ini sampah masih ditampung dan dimampatkan di zona A. setidaknya hingga akhir tahun 2018. Untuk selanjutnya, DLH akan mengaktifkan zona D dan saat ini tengah dipersiapkan,” imbuhnya.(*lya/mcb)

Leave a Comment