Share

DPRD Bojonegoro Dukung Tambahan Anggaran Untuk Kemenag

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendukung penuh pengajuan anggaran oleh Kementrian Agama karena dinilai sangat krusial dan masuk akal. Selain itu, Komisi C juga mendorong adanya kantor imigrasi untuk menekan biaya kepengurusan ke imigrasian. Beberapa kabupaten sudah mempunyai kantor imigrasi sendiri, hal ini tentu saja bisa memangkas anggaran yang digunakan untuk ke Kantor Imigrasi di Surabaya.

Bojonegoro (Media Center) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendukung penuh pengajuan anggaran oleh Kementrian Agama karena dinilai sangat krusial dan masuk akal. Ketua Komisi C, Abdullah Umar, mengatakan, pemerintah kabupaten jangan hanya memikirkan pembangunan fisik saja, harus diimbangi dengan pembangunan mental terlebih dalam bidang pendidikan.

“Kami mendorong adanya usulan dari Kemenag untuk penambahan anggaran ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pengajuan tersebut diantaranya untuk anggaran pemberangkatan dan pemulangan haji. Karena, selama ini Kemenag hanya mendapatkan subsidi sebesar Rp 300 juta padahal pada tahun ini saja calon jamaah haji mencapai 1.120 orang.

“Mereka mengeluhkan biaya makan, transportasi, upah untuk polisi, satpol pp, dan dinas kebersihan yang membantu selama pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan haji,” tukasnya.

Selain itu, Komisi C juga mendorong adanya kantor imigrasi untuk menekan biaya kepengurusan ke imigrasian. Beberapa kabupaten sudah mempunyai kantor imigrasi sendiri, hal ini tentu saja bisa memangkas anggaran yang digunakan untuk ke Kantor Imigrasi di Surabaya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong penambahan anggaran untuk 10 program unggulan dari Kemenag diantaranya festifal anak sholeh, para penghafal Al Qur’an, Qotib atau imam masjid, guru ngaji, guru TPQ atau diniyah, P3N, Panti Asuhan, dan sertifikasi tanah wakaf.(**mcb)

Leave a Comment