Share

Soal LPG, DPRD Bojonegoro Akan Lakukan Sidak

Banyaknya laporan masyarakat terkait beralihnya konsumsi LPG ukuran 12 kg ke tabung ukuran 3 kg oleh pengusaha hotel dan restoran maupun kalangan menengah ditanggapi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro. Penggunaan LPG 3 kg oleh para pengusaha hotel maupun restoran dan warga menengah ke atas ini disinyalir akibat naiknya harga LPG ukuran 12 kg per 2 Januari 2015 lalu. Menghadapi hal ini, DPRD Bojonegoro meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat untuk melakukan pengawasan terhadap pendistribusian LPG di masyarakat.

Bojonegoro (Media Center) – Banyaknya laporan masyarakat terkait beralihnya konsumsi LPG ukuran 12 kg ke tabung ukuran 3 kg oleh pengusaha hotel dan restoran maupun kalangan menengah ditanggapi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro. Penggunaan LPG 3 kg oleh para pengusaha hotel maupun restoran dan warga menengah ke atas ini disinyalir akibat naiknya harga LPG ukuran 12 kg per 2 Januari 2015 lalu. Menghadapi hal ini, DPRD Bojonegoro meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat untuk melakukan pengawasan terhadap pendistribusian LPG di masyarakat.

Ketua DPRD Bojonegoro, Mitroatin, menegaskan, akan memanggil dinas terkait untuk melakukan pemantauan langsung ke semua agen dan pangkalan untuk memastikan tidak ada peralihan konsumen LPG tersebut.

“Kami juga akan melihat langsung apakah benar hotel, restaurant dan masyarakat kalangan menengah ke atas eksodus ke LPG 3 Kg,” tandasnya.

Menurutnya, penggunaan LPG ukuran 3 kg diutamakan untuk warga kalangan menengah ke bawah. Dan tidak dibenarkan jika konsumen tingkat ekonomi menengah ke atas hingga hotel beralih ke LPG 3 kg untuk menekan biaya produksi. Hal ini membuat kekhawatiran jatah LPG yang seharusnya untuk warga yang membutuhkan jadi berkurang.

Sementara itu, pemilik pangkalan elpiji di SPBU Jetak, Eko Teguh, mengatakan, harga LPG 12 Kg semula hanya Rp 114.000, pada awal Januari 2015 menjadi Rp134.000. Ia menyampaikan, kenaikan harga LPG 12 Kg akan berimbas ada permintaan untuk LPG tabung 3 Kg. Namun hingga kini belum bisa memastikan berapa besar presentasi peralihan masyarakat yang semula menggunakan LPG 12 Kg ke 3 Kg.(**mcb)

Leave a Comment