Share

Dua Sekolah di Bojonegoro Siap Ikuti UN Online

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, hanya akan melaksanakan Evaluasi Nasional (ENAS) dengan sistim online di dua Sekolah yakni SMA Negeri I dan SMK Negeri 4. Sedangkan sekolah lainnya akan tetep melaksanakan ujian secara manual.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Husnul Khuluq menyatakan, pihaknya telah mengusulkan dua SMAN 1 dan SMKN 4 untuk melaksanakan ujian secara online atau tes berbasis komputer. Alasannya dua sekolah itu telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) di antaranya kepemilikan komputer dan jaringan internet.

“Sekolah yang ingin mengikuti ujian nasional online harus memiliki komputer dengan jumlah minimal sepertiga dari siswa yang akan menjadi peserta ujian nasional, ditambah cadangan 10 persen dari jumlah komputer yang tersedia,” kata Khuluq.

Saat ujian nasional berlangsung, seluruh komputer tersebut harus dalam posisi menyala dan terhubung dengan internet.

“Saat ada komputer peserta yang mengalami masalah, maka peserta itu bisa langsung berpindah ke komputer lain yang tersedia,”  lanjutnya.

Husnul juga menuturkan, untuk melaksanakan ujian nasional secara online bagi sekolah yang ada di Bojonegoro adalah mempersiapkan fasilitas komputer.

“Selain itu juga mempersiapkan genset, dan juga koordinasi dengan Provinsi Jawa Timur serta pihak Telkom,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan ujian nasional secara online tersebut sebenarnya lebih memudahkan siswa karena siswa bisa melihat secara langsung skor ujiannya.

“Tahun ajaran mendatang, kami berharap seluruh sekolah bisa melakukan ujian nasional secara online,” katanya.

Husnul juga menambahkan, jika di Jawa timur yang mengikuti ujian nasional secara online ada 122 sekolah. Sedangkan untuk ujian nasional yang dilakukan secara manual oleh sekolah lain. (dwi/*acw)

Leave a Comment