Share

Dukung GDSC, Serahterimakan Program Air Bersih dan Jamban

Bojonegoro (Media center) – Program gerakan desa sehat dan cerdas (GDSC) yang tengah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan yang melakukan kegiatan di wilayahnya. Salah satunya Operator migas Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Untuk mendukung program itu, EMCL telah menyerahterimakan program air bersih dan jamban sehat berbasis pengelolaan masyarakat di lima desa di Kecamatan Gayam dan Kalitidu yang dipusatkan di Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Senin (11/5/2015).

“Ini sejalan dengan program pemkab Bojonegoro untuk mewujudkan Desa Sehat dan Cerdas,” tegas Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bojonegoro, Agus Supriyanto di sela-sela serahterima.

Public and Government Affair Manager EMCL, Rexy Mawardijaya, mengatakan, fasilitas tersebut meliputi 26 menara air dengan jaringan pipa sepanjang lebih dari 56 km dan dimanfaatkan sebanyak lebih dari 5.070 sambungan rumah.

Sedang untuk pelaksanaannya, EMCL bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari Tim Penggerak PKK desa, Dinas Kesehatan, BAPPEDA, dan Dinas Pekerjaan Umum.

“Program ini merupakan wujud gotong royong yang didasari rasa saling percaya dalam mencari solusi ketersediaan air bersih dan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Sejak Juli 2014, program yang telah disetujui oleh SKK Migas ini dilaksanakan di 5 desa yaitu Desa Mojodelik, Desa Katur, Desa Cengungklung, Desa Beged (Kecamatan Gayam) dan Desa Sukoharjo (Kecamatan Kalitidu)di Kabupaten Bojonegoro. Sementara 5 desa lainnya yaitu desa Kesamben dan Desa Sumurjalak (Kecamatan Plumpang), Desa Gesing (Kecamatan Semanding), Desa Minohorejo (Kecamatan Widang), dan Desa Ngimbang (Kecamatan Palang) di Kabupaten  Tuban.

“Sejak tahun 2008, EMCL dan mitra Blok Cepu, PEPC dan BKS Blok Cepu bersama masyarakat,” pungkasnya.(dwi)

Leave a Comment