Share

El Nino Pengaruhi Serapan Gabah Bulog

Bencana El Nino lemah yang melanda sejumlah daerah termasuk Kabupaten Bojonegoro dipastikan mempengaruhi serapan gabah oleh Bulog Sub Divre Bojonegoro. Pasalnya, bencana yang ditandai kemarau yang puncaknya diprediksi hingga Oktober ini mengakibatkan menurunya hasil pertanian petani.

Bojonegoro (Media Center) – Bencana El Nino lemah yang melanda sejumlah daerah termasuk Kabupaten Bojonegoro dipastikan mempengaruhi serapan gabah oleh Bulog Sub Divre Bojonegoro. Pasalnya, bencana yang ditandai kemarau yang puncaknya diprediksi hingga Oktober ini mengakibatkan menurunya hasil pertanian petani.

“Kondisi cuaca seperti anomaly cuaca sangat berpengaruh terhadap target pembelian yang kita lakukan,” kata Kepala Bulog Subdivre Bojonegoro, Efdal MS.

Dia menjelaskan, hingga bulan September ini Bulog telah melakukan pembelian sebanyak 14.900 ton dari target pembelian sebanyak 200 ribu ton lebih setera beras. Rinciannya, pembelian beras sebanyak 93.595 ton dan 103 ribu ton setara beras.

“Hingga bulan ini pembelian kita sudah mencapai 37,29 persen,” ujar Sony.

Ratusan ton setara beras yang dibeli Bulog itu berasal dari tiga kabupaten. Rinciannya, untuk Bojonegoro target pembelian sebanyak 52 ribu ton, Tuban 78 ton, dan Lamongan 70 ribu ton.

Menurut Sony, masih rendahnya target pembelian gabah ini dikarenakan sesuai dengan hasil pertanian petani. Sebab beberapa waktu lalu, banyak tanaman petani yang diserang hama. Selain itu pada musim kemarau saat ini banyak petani yang tidak menanam padi.(**numcb)

Leave a Comment