Share

EMCL dan Tropis Indonesia Bentuk Kampung Hijau

Operator migas Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama LSM Tropis Indonesia menggagas program kampung hijau. Dalam program ini, sebanyak 210 Kepala Keluarga (KK) dari desa Gayam, Mojodelik, Brabowan, dan desa Bonorejo Kecamatan Gayam akan mendapatkan bibit tanaman holtikultura, tanaman buah, bibit kelapa hibrida, dan tanaman lindung.

Bojonegoro (Media Center) – Operator migas Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama LSM Tropis Indonesia menggagas program kampung hijau. Dalam program ini, sebanyak 210 Kepala Keluarga (KK) dari desa Gayam, Mojodelik, Brabowan, dan desa Bonorejo Kecamatan Gayam akan mendapatkan bibit tanaman holtikultura, tanaman buah, bibit kelapa hibrida, dan tanaman lindung.

“Untuk penguatan dalam pengelolaannya, tiap desa membentuk kelompok yang terdiri dari 10 KK,” ujar Musyadad, Ketua LSM Tropis Indonesia, Kamis (25/12/2015) kemarin.

Selain itu, masing-masing kelompok juga mendapatkan pelatihan. “Mereka akan diajarkan bagaimana cara mengelola tanaman-tanaman tersebut,” imbuh musyadad. Ia menambahkan, sebagai apresiasi, hasil pengelolaan ini akan dilombakan dalam Lomba Kampung Asri.

Sementara itu, Field Public and Government Affairs Manager EMCL, Rexy Mawadijaya melalui stafnya Ukay Subqy menyatakan, program ini merupakan wujud komitmen EMCL dalam pengembangan ekonomi masyarakat. “Ini juga komitmen kita dalam mendukung penghijauan di sekitar wilayah operasi EMCL,” ujar pria yang biasa disapa Malik ini.

Kepala Desa Brabowan, Sukiran menyatakan mendukung program ini. “Kami berharap program ini bisa dinikmati semua warga desa ini,” ungkapnya.(**mcb)

Leave a Comment