Share

Empat Sekolah Pastikan Gelar UN Online

Bojonegoro (Media Center) – Setelah penetapan Data Nominasi Tetap (DNT) peserta Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pendidikan Bojonegoro mulai menyiapkan sekolah yang akan mengikuti UN secara online.

Sebelumnya, hanya ada dua sekolah yang menyatakan siap untuk menggelar UN secara online. Namun, kabar terakhir Dinas Pendidikan Bojonegoro telah memastikan empat lembaga siap menggelar ujian secara online.

Keempat lembaga tersebut antara lain adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bojonegoro, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bojonegoro, SMKN 2 Bojonegoro dan SMKN 4 Bojonegoro. Sementara untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebelumnya telah diajukan SMP 1 Bojonegoro. Namun kabar terakhir menyatakan tak siap lantaran kurangnya peralatan.

“SMPN 1 kekurangan perangkat komputer, jadi tahun ini belum bisa mengikuti UN online,” jelas Puji Widodo, Kabid Pendidikan SMP-SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro.

Puji menambahkan, sebelumnya pihaknya mengajukan lima sekolah untuki mengikuti UN online. Namun karena salah satu sekolah menyatakan mundur, makan hanya ada empat lembaga yang bisa mencoba melaksanakan UN online pertama kali di tahun ajaran 2014/2015 ini.

“UN online ini sifatnya tak wajib, karena sampai saat ini masih banyak sekolah yang belum memiliki perangkat komputer yang memadai untuk pelaksanaan UN online,” lanjut mantan Kepala SMAN 1 Bojonegoro ini.

Ia melanjutkan, perbedaan UN online dengan UN yang digelar secara reguler ini hanya pada teknis pelaksanaan dan penilaian.

Menurut Puji, disamping hasil UN Online lebih jujur, pelaksanaan UN online ini tak terlalu banyak memakan biaya karena soal langsung dikerjakan tanpa menggunakan kertas. Begitu pula dengan proses penilaian yang langsung bisa dinilai tanpa menggunakan scan komputer.(Lya/dwi)

Leave a Comment