Share

Festival Batu Aji Akan Ambil Tiga Kategori

Bojonegoro (Media Center) – Ada tiga kategori jenis batu akik yang akan dinilai dalam festival nasional Batu Aji yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro mulai 9 April sampai dengan 12 April 2015 mendatang. Yakni jenis batu kelas Kasedon warna jernih, corak warna dan batu gambar.

Kepala Bidang (Kabid) Pelestarian dan Pengembangan Budaya Disbudpar Bojonegoro, Suyanto, mengatakan, bahwa festival ini bertujuan memberi wadah bagi masyarakat Bojonegoro yang sedang demam akik. Namun demikian, festival ini akan dilaksanakan setiap tahun untuk menggali potensi yang ada di Bumi Angling Darma.

“Semoga festival yang baru pertama kali yang kami adakan ini nanti bisa menyedot wisatawan dari luar Daerah Bojonegoro,” kata Suyanto.

Sementara itu, Event Organisation (EO) yang juga Ketua Panitia Pelaksana, Wahyu, menambahkan, juri dalam Festival itu akan didatangkan dari luar kabupaten Bojonegoro. Juri tersebut sudah berkali kali menggelar festival.

“Untuksertifikasinya kita akan mendatangkan ahli laboratorium dari Yogyakarta,yang mana mereka akan memberi hak paten terkait keindahan maupun keaslian batu tersebut,” sambung Wahyu.

Dalam festival batu aji tingkat nasional ini panitia akan mengambil pemenang sepuluh besar. Dari sepuluh besar itu akan diuji kembali untuk mengambil mana batu yang betul- betul sempurna untuk diberikan piagam.

Rencananya, festival tersebut akan diikuti peserta dari Kalimantan Selatan, Aceh, dan Daerah lain dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Mereka sudah konfirmasi ke kami untuk ikut dalam festival nanti,” pungkas Wahyu.(dwi)

Leave a Comment