Share

Galang Iuran Pemuda untuk Bedah Rumah

Bojonegoro (Media Centre) – Kegiatan pemuda biasanya identik dengan olahraga. Namun di Dusun Dalemkidul, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, para pemuda melakukan kegiatan sosial berupa rehap rumah tak layak huni. Kegiatan tersebut telah menjadi agenda rutin Sub Karang Taruna Dalemkidul.

Hingga saat ini, sudah ada sembilan rumah milik warga miskin di dusun setempat yang dibedah. Untuk biaya setiap bedah rumah yang dilakukan dengan cara menggalang iuran dari anggota sub karang taruna dan warga yang dinilai mampu secara ekonomi. Sedangkan tenaga kerja dari melibatkan pemuda dan warga setempat yang memiliki keahlihan seperti tukang.

“Jadi biar tidak memberatkan warga lainnya kita pilih hanya warga yang kaya saja,” kata Ketua Sub Karang Taruna Dalemkidul, Sulaiman.

Seperti bedah rumah yang dilaksanakan di rumah milik almarhum Maskur, RT 12, RW 03, Minggu (5/4/2015) kemarin. Rumah berukuran 4 x 8 meter itu sekarang ini ditempati istrinya, Siti Hartinah (58), dan dua anaknya. Sebagian atap rumah tersebut telah lapuk karena rangka atapnya terbuat dari bambu. Jika tak segera dilakukan perbaikan dikhawatirkan atapnya bisa ambruk.

Dari latar belang itulah kemudian para pemuda berinisiatif melakukan pemugaran. Ada beberapa perbaikan yang dilakukan. Di antaranya mengganti rangka atap, dinding, pembuatan kusen dan lantai. Semua pekerjaan dilakukan secara gotong royong oleh pemuda dan warga dari empat RT yakni RT09, RT10, RT 11 dan RT12.

“Total anggarannya sekitar Rp5 juta. Namun semua biaya itu dilakukan secara swadaya. Dari iuran pemuda dan sebagaian warga yang mampu,” kata Ketua Sub Karang Taruna, Sulaiman.

Dia berharap, dengan kegiatan seperti ini akan menumbuhkan kepekaan sosial dikalangan pemuda, serta menjaga dan melestarikan budaya gotong-royong. (dwi/*acw)

Leave a Comment