Share

Ganti Tahun, Kalender Jawa di Bojonegoro Diminati

Bojonegoro (Media Center) – Kalender Jawa tahun 2014 produksi Majalah Penyebar Semangat (PS) dan Jayabaya Surabaya, Jawa Timur (Jatim), diminati masyarakat di Bojonegoro, disebabkan terdapat penggalan Jawa yang berisi primbon untuk mencari hari baik dan buruk.

Pemilik Toko Buku Nusantara Bojonegoro Hariyanto Utomo, Sabtu (28/12/2013), mengatakan, pembeli Kalender Jawa terbitan dua Majalah Berbahasa Jawa di Surabaya itu tidak hanya orang Jawa, tapi ada juga warga keturunan.

Meskipun, katanya, harga Kalender Jawa terbitan dua Majalah berbahasa Jawa di Surabaya tersebut berkisar Rp25.000-Rp2.500/kalender, lebih mahal dibandingkan dengan kalender lainnya yang tidak dilengkapi dengan primbon Jawa.

“Harga kalender lainya ada yang hanya Rp5.000/kalender sampai Rp20.000/kalender,” ucap Ny. Hariyanto, menambahkan.

Mengenai warga keturunan yang membeli Kalender Jawa, menurut Hariyanto, biasanya dimanfaatkan sebagai pegangan mengenai penanggalan Jawa dalam menentukan hari baik dan buruk guna melaksanakan sesuatu, misalnya hajatan pengantin.

“Warga keturunan yang ada di Bojonegoro untuk mencari hari baik atau buruk biasanya datang kepada warga keturunan pembeli Kalendar Jawa di tempat saya,” jelas Hariyanto, yang juga warga keturunan.

Omzet Kalender Jawa di tokonya, katanya, berkisar 5-10 kalender/hari, sejak tiga bulan lalu, bahkan ia juga memperkirakan Kalender Jawa itu masih tetap akan laku sampai Maret 2014.

“Pengalaman tahun lalu Kalender Jawa masih tetap laku sampai Maret,” ucapnya, menegaskan. (samcb)

Leave a Comment