Share

Gantikan Becak Motor, Dishub Bojonegoro Usulkan Becak Inovasi

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengusulkan pembuatan Becak inovasi untuk menggantikan becak motor (bentor) yang saat ini banyak ditemui di Bojonegoro. Rencana pembuatan becak inovasi ini, menurut Kepala Dishub Bojonegoro, Iskandar, karena tingkat keselamatan penumpang bentor terbilang cukup rendah lantaran penumpang berada di bagian depan.

“Becak inovasi ini dirancang seperti bentor di Aceh dengan posisi penumpang berada di samping pengendara,” jelas Iskandar, Jumat (19/2) lalu.

Hal ini menyusul dikeluarkannya larangan mengenai pengoperasian Becak Montor (Bentor) yang mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang angkutan.

“Berdasarkan kelayakan keselamatan dalam berkendara tidak dapat terpenuhi. Masalahnya, becak montor sangat membahayakan penumpang di karenakan posisi penumpang berada di depan sehingga tingkat keselamatan pengguna sangat sedikit,” ungkap Iskandar.

Untuk menjamin kelayakan becak inovasi ini, nantinya akan diberlakukan uji kir (kelayakan) tiap tiga bulan, selain itu kecepatan yang dibatasi sekitar 25km/jam dengan mesin 25cc.

Diharapkan, rencana ini dapat segera direalisasikan setelah mendapat persetujuan dari Bupati dengan pertimbangan kearifan lokal dan tetap mengutamakan keselamatan.(mcb)

Leave a Comment