Share

Gerakan Pertanian ASLI untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan

Para petani di Dander dan Kalitidu telah mengembangkan model budidaya pertanian yang ASLI (Aman, Sehat, dan Lestari). Upaya strategis dalam mengembangkan budidaya pertanian ASLI

Bojonegoro (Media Center Bojonegoro) – Para petani di Dander dan Kalitidu telah mengembangkan model budidaya pertanian yang ASLI (Aman, Sehat, dan Lestari). Upaya strategis dalam mengembangkan budidaya pertanian ASLI ini ditempuh dengan tiga pendekatan yang mencakup: Pertama,  Penguatan kapasitas kelembagaan dan tata kelola kelompok tani; Kedua,  Perluasan jaringan pasar (jaminan dari pasar untuk membeli produk ramah lingkungan);  danKetiga, Peningkatan kualitas penanganan pasca panen dan penjaminan kolektif modal mandiri.

Para petani telah juga telah menempuh upaya penciptaan lingkungan yang kondusif bagi keberlanjutan budidaya pertanian ASLI dengan cara: menginisiasi kebijakan tentang sistem penjaminan mutu pangan dan produk hortikultura alami, pengembangan kemitraan paguyuban petani ASLI, ExxonMobil, Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan Universitas serta akademisi di bidang teknologi pangan.

Guna merefleksikan perjalanan selama empat tahun pengembangan model budidaya pertanian ASLI serta memperkuat kemitraan antar pihak itu, maka akan diselenggarakan sebuah community event yang akan dikemas dalam bentuk kegiatan Eksposisi dan Sarasehan Para Pelaku dan Mitra Pertanian ASLI

Acara ini melibatkan para pelaku budidaya pertanian ASLI, pamong desa, poktan dan gapoktan di Kecamatan Dander dan Kalitidu, pengusaha di bidang penyediaan pangan , SKPD kabupaten Bojonegoro, dan beberapa tamu undangan dari luar kota Bojonegoro.

Pada acara ini juga diadakan Grand launching logo produk budidaya pertanian ASLI “Gundul Matoh” oleh seluruh agen penggerak pertanian ASLI dari Kecamatan Dander maupun Kalitidu (petani ASLI Sumberarum, Ngunut, Sidokumpul, Talok, Sukoharjo, Kuce). (…./mcb)

Leave a Comment