Share

Giliran Pedagang Pasar Banjarjo dan Dander Di-Rapid Test

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 300 pedagang di pasar Banjarjo dan Dander, Kabupaten Bojonegoro, dirapid tes oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu (9/5/2020) dini hari.

Rapid tes dilakukan menyusul adanya pedagang asal Desa Sranak, Kecamatan Trucuk-telah meninggal dunia- yang positif Covid-19. Selain itu untuk mendeteksi dini dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Rapid test di Pasar Banjarjo, Kecamatan Bojonegoro, diikuti 99 pedagang, dan 201 pedagang di Pasar Dander, Kecamatan Dander. Namun hasil rapid test belum diumumkan tim gugus tugas.

Pelaksanaan rapid test mendapat pengawalan 20 personil dari Polres Bojonegoro, di bantu instansi terkait yakni Sat Pol PP, Dishub, BPBD dan Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Bojonegoro.

Turut hadir Pembina Gugus Tugas Kabupaten yang juga Sekretaris Daerah Bojonegoro, Nurul Azizah, Kepala Dinas Kesehatan Ani Pujiningrum, dan Kabag Ops, Kompol Dani Rinawan.

Di Pasar Banjarjo hanya sedikit pedagang yang mengikuti rapid test. Mereka lebih banyak menghindar karena takut. Rapid test kemudian dialihkan ke Pasar Dander.

Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, dAni Pujiningrum menyampaikan jumlah pedagang yang mengikuti rapid test sebanyak 300 orang, dengan rincian 99 orang di Pasar Banjarjo, dan 201 orang di Pasar Dander.

“Mereka yang mengikuti rapid tes pedagang sayur, rengkek dan pedagang lain yang beraktifitas di pasar,” jelasnya.

Ani beharap para pedagang tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19. Yakni tetap memperhatikan physical distancing, social distancing, pakai masker, serta pola hidup sehat dan bersih.

Sekda Bojonegoro, Nurul Azizah, menjelaskan rapid test kepada pedagang yang dilaksanakan ini sebagai upaya mendeteksi dini untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.

“Karena pedagang ini aktifitasnya kemana-mana dan kontak dengan orang banyak, jadi harus dipastikan kesehatannya. Kalau hasil rapidnya positif reaktif ya harus diisoalasi untuk kebaikan bersama,” tegas Nurul.

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga melaksanakan rapid test terhadap pedagang Pasar Kota Bojonegoro, Kamis (7/5/2020) dini hari. Dari 286 pedagang yang mengikuti rapid test, 86 pedagang dinyatakan reaktif. Rinciannya, 75 pedagang domisili Bojonegoro dan 11 lainnya dari Tuban.(Dwi)

Leave a Comment