Share

Gurihnya Serabi Santan, Pancake ala Bojonegoro

i Bojonegoro Jawa Timur, Serabi mempunyai kekhasan tersendiri, dengan dominasi rasa asin gurih, membuat Serabi ala Bojonegoro ini berbeda dengan yang ada di daerah lain

Bojonegoro (Media Center) – Ada yang bilang makanan ini tak kalah dengan pancake, bisa dinikmati begitu saja maupun ditambah aneka kuah. Di Bojonegoro Jawa Timur, Serabi mempunyai kekhasan tersendiri, dengan dominasi rasa asin gurih, membuat Serabi ala Bojonegoro ini berbeda dengan yang ada di daerah lain.

alun alun bojonegoro
Penjaja Serabi di Alun-alun Kota Bojonegoro

Bila pancake menggunakan kuah dari caramel atau madu, serabi di Bojonegoro terdapat beberapa pilihan kuahnya, untuk yang meyukai cita rasa manis, kuah susu adalah pilihan yang tepat. Di Jalan Teuku Umar adalah salah satu tempat yang menjual serabi susu ini, buka sejak dini hari di depan Giant Supermarket menjadikan serabi cocok digunakan sebagai pengganjal perut sebelum waktu sarapan.
Sementara itu, bagi yang tetap ingin mencicipi cita rasa orisinil khas Bojonegoro, asin dan gurih, terdapat sejumlah tempat yang menjual serabi dengan kuah santan. Di kawasan Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Rajekwesi, Jalan Dr Soetomo, dan Alun-alun Bojonegoro adalah sebagian tempat yang dapat dijadikan pilihan tempat untuk mencicipi serabi ala Bojonegoro itu.

Cukup dengan Rp 3ribu per bijinya, serabi santan sudah dapat dinikmati. Sebagai menu pembuka pagi, penikmat serabi dapat juga meminta aneka menu tambahan. Ketan adalah yang biasa mendampingi makanan berbentuk bulat pipih ini, bila ingin sensasi pedas, makanan berbahan dasar tepung beras ini juga mempunyai sambal khusus yang terbuat dari serbuk kedelai.

Serabi dimasak secara tradisional, dengan bahan bakar arang dan wajan-wajan khusus, pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Dijual di tempat terbuka, menjadikan serabi khas Bojonegoro sangat menarik untuk dinikmati sekeluarga. (*/mcb)

Leave a Comment