Share

Harga Cabai di Bojonegoro Tembus Rp50 ribu/Kg

Setelah sepekan terakhir harga cabai mengalami kenaikan hingga di angka Rp40 ribu/kilogram, memasuki minggu kedua Nopember ini harga cabai masih terus mengalami lonjakan. Bahkan, saat ini harga di pasaran mmelebihi Rp50 ribu/kilogram.

Bojonegoro (Media Center) – Setelah sepekan terakhir harga cabai mengalami kenaikan hingga di angka Rp40 ribu/kilogram, memasuki minggu kedua Nopember ini harga cabai masih terus mengalami lonjakan. Bahkan, saat ini harga di pasaran mmelebihi Rp50 ribu/kilogram.

Hal ini diakui Sumarni, slaah satu pedagang di pasar Banjarejo, Bojonegoro, Jawa Timur. Menurutnya, kenaikan harga ini hanya berlaku untuk cabai saja, sementara sayuran dan bahan pangan lainnya cenderung stabil. Datangnya musim penghujan juga disebut-sebut menjadi salah satu penyebab langkanya stok cabai sehingga membuat harga melambung.

“Harga masih stabil, tapi untuk cabai kenaikan harganya banyak,” ujarnya.

Tingginya harga cabai ini berdasarkan pantauan dari Sistem Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jawa Timur, rata-rata harga berbagai jenis cabai di berbagai kota berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu/kilogram. Namun harga di Kabupaten Bojonegoro pada Rabu (12/11/2014) telah menembus angka Rp50 ribu/kilogram untuk cabe merah keriting.

Menurut pengakuan dari beberapa pedagang, hal ini lantaran minimnya pasokan sementara permintaan yang stabil sehingga harga cenderung naik. Bahkan, di beberapa kabupaten seperti Blitar dan Jombang tak ada stok untuk cabai merah keritinng.(**mcb)

Leave a Comment