Share

Helat Lomba Cipta Menu‪ Berbahan Baku Lokal

Bojonegoro (Media Center) – Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro menggelar lomba Cipta Menu yang dilaksanakan di Pendapa Malowopati, Senin (13/4/2015). Lomba tersebut diikuti oleh 28 PKK Kecamatan se-Bojonegoro dengan menyajikan beragam jenis makanan dengan bahan makanan non beras, non terigu dan berbasis lokal.

Menariknya dalam lomba ini, semua bahan mentah harus berasal dari wilayah Bojonegoro. Tak hanya itu, salah satu poin penilaian adalah semua makanan yang disajikan harus Berimbang, bergizi, beragam dan aman dikonsumsi.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, Mahfudhoh Suyoto, menjelaskan, bahwa lomba ini selalu dilaksanakan setiap tahun. Hal ini untuk menumbuhkan inovasi bagi PKK Kecamatan dalam menciptakan menu sehat untuk keluarga, memberikan acuan kepada masyarakat soal makanan bergizi.

“Di Bojonegoro ada sekitar 5000 anak balita mengalami kerawanan gizi. Ini menjadi PR kita bersama bagaimana bisa menjadi sehat dan berkualitas,” ujar istri Bupati Bojonegoro ini.

Dalam lomba ini, juri berasal  dari perwakilan hotel, sekolah kejuruan tata boga dan ahli gizi dari Dinas Kesehatan. Masing-masing tim mendapatkan undian untuk penggunaan bahan baku. Seperti TP PKK Kecamatan Dander yang mendapat sukun sebagai bahan baku.

“Kami membuat nasi lontong dan perkedel dari sukun, untuk melengkapi gizinya juga dilengkapi ikan patin,” ujar Ketua TP PKK Kecamatan Dander, Daimatin.

Pada lomba ini, keluar sebagai Juara 1 adalah Kecamatan Gondang, Juara 2 Kecamatan Malo dan juara 3 Kecamatan Bubulan. Sementara kreatifitas pengembangan pangan lokal diraih oleh TP PKK Kecamatan Trucuk. (dwi)

Leave a Comment