Share

Hindari Mafia Fosil, Tim Pendaftaran Cagar Budaya Dekati Masyarakat Bojonegoro

Potensi besar yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro, khususnya di bidang geologi tentunya memberikan banyak temuan berbagai jenis fosil dan benda kuno. Hal ini menarik para mafia dan makelar benda-benda kuno yang dibeli murah dari warga penemu dan dijual kembali kepada kolektor dengan harga yang tinggi.

Bojonegoro (Media Center) – Potensi besar yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro, khususnya di bidang geologi tentunya memberikan banyak temuan berbagai jenis fosil dan benda kuno. Hal ini menarik para mafia dan makelar benda-benda kuno yang dibeli murah dari warga penemu dan dijual kembali kepada kolektor dengan harga yang tinggi.

Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bojonegoro, Suyanto mengatakan, keberadaan mafia benda kuno tersebut memang banyak berkeliaran di Kabupaten Bojonegoro. Namun, keberadaan para mafia ini sulit dideteksi.

“Memang dilapangan masih sulit untuk mengawasi penjualan bebas temuan fosil di Kabupaten Bojonegoro karena adanya makelar benda kuno ini,” ujarnya.

Untuk meminimalisir adanya penjualan fosil secara bebas, pihaknya melakukan penyadaran terhadap masyarakat dan telah membentuk Tim Pendaftaran dan Tim Verifikasi Cagar Budaya. “Sebab benda-bendaini merupakan benda cagar budaya dan dilindungi oleh negara,” jelasnya.

Dia menegaskan, jika ditemukan mafia benda purba dan cagar budaya ini maka akan ditindak tegas sesuai dengan peraturan yang ada. Rata-rata benda-benda tersebut dijual oleh warga kepada kolektor luar negeri melalui makelar-makelar dengan harga cukup rendah.

“Sulit dideteksi, bahkan ada yang mengatasnamankan dari Tim Sangiran untuk melakukan penggalian fosil (ekskavasi),” katanya.

Saat ini, pihak tim Pendaftaran dan Verifikasi tengah melakukan pendekatan pada masyarakat untuk melaporkan semua jenis temuan benda purbakala dan cagar budaya. Bahkan, hampir setiap hari ada laporan masuk baik secara lisan maupun tertulis tentang keberadaan benda-benda ini.(**mcb)

Leave a Comment