Share

Hujan Deras Lebih Dari 2 Jam, Bojonegoro Rawan Banjir

Hujan lebat yang terjadi hampir setiap hari di Kabupaten Bojonegoro menyebabkan banjir yang terjadi di beberapa desa. Seperti hujan lebat yang terjadi Kamis (5/2/2015) kemarin yang menyebabkan banjir bandang di Desa/Kecamatan Gondang. Banjir ini membuat 58 rumah tergenang akibat luberan air dari sungai Pacal dengan ketinggian air 20 hingga 80 cm.

Bojonegoro (Media Center) – Hujan lebat yang terjadi hampir setiap hari di Kabupaten Bojonegoro menyebabkan banjir yang terjadi di beberapa desa. Seperti hujan lebat yang terjadi Kamis (5/2/2015) kemarin yang menyebabkan banjir bandang di Desa/Kecamatan Gondang. Banjir ini membuat 58 rumah tergenang akibat luberan air dari sungai Pacal dengan ketinggian air 20 hingga 80 cm.

Hal ini dikatakan Andik Sudjarwo, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro. Ia menyebutkan, hujan deras memang terjadi merata di wilayah Bojonegoro. Tak hanya di Kecamatan Gondang, banjir juga terjadi di wilayah Kecamatan Dander yang disebabkan luapan sungai Dander.

“Di Kecamatan Dander desa yang terdampak adalah Desa Dander, Sumberarum dan Desa Growok,” jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak kepala desa masing-masing yang terdampak yang selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pengairan.

Andik menambahkan, di bulan Februari, curah hujan diprediksi menjadi puncak tertinggi curah hujan di Bojonegoro. Rata-rata, intensitas curah hujan yang turun berada diatas angka 200 mm.

“Dengan curah hujan lebih dari 250 ml yang turun lebih dari 2 jam, dipastikan akan terjadi banjir,” tambahnya.(**mcb)

Leave a Comment