Share

Hujan Lokal, Sungai Pacal Meluap

Tingginya curah hujan yang terjadi pada Minggu (1/2/2015) kemarin mengakibatkan Kali Pacal di Desa Gondang, Kecamatan Gondang meluap. Akibatnya, 46 KK di 5 RT tergenang setinggi 80 cm. Tak hanya menggenangi perumahan warga, air juga membanjiri 5 hektare lahan padi berusia 10 hari.

Bojonegoro (Media Center) – Tingginya curah hujan yang terjadi pada Minggu (1/2/2015) kemarin mengakibatkan Kali Pacal di Desa Gondang, Kecamatan Gondang meluap. Akibatnya, 46 KK di 5 RT tergenang setinggi 80 cm. Tak hanya menggenangi perumahan warga, air juga membanjiri 5 hektare lahan padi berusia 10 hari.

Dikatakan Andik Sudjarwo, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, curah hujan di Bojonegoro semakin tinggi di bulan Februari. Berdasarkan pantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas curah hujan di Bojonegoro mencapai 200-300 mm.

Dengan kondisi curah hujan yang tinggi ini, ia mengimbau agar warga Bojonegoro terutama yang berada di bantaran sungai maupun anak Sungai Bengawan Solo waspada dengan perubahan debit air jika terjadi hujan lebat.

” Karena curah hujan tinggi, debit air bisa tiba-tiba naik hingga meluap, terutama di anak sungai Bengawan Solo,” jelasnya.

Sementara berdasarkan pantauan BPBD Bojonegoro, pada Senin (2/2/2015) tren kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) telah terjadi di wilayah Karangnongko yang pada pukul 09.00 WIB mencapai 26.18 peilschaal. Kenaikan juga terpantau di Bendung Gerak yang naik 10 hingga 20 peilschaal tiap tiga jam dan berada di posisi 13.60 peilschaal pukul 09.00 WIB tadi. Hal serupa terjadi di wilayah pantau Taman Bengawan Solo (TBS) yang berada di posisi 11.98 peilschaal dan masih dalam status di bawah siaga.(**mcb)

Leave a Comment