Share

Humas: Masih Siaga III, Tingkatkan Bantuan Logistik Pengungsi

Bojonegoro (Media Center) – Berdasarkan kebiasaan, memasuki hari ke empat dalam pengungsian, para pengungsi akan mengalami penurunan stamina yang sangat drastis. Hal itu dibenarkan oleh Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

Dalam rilisnya, pihak Pemkab Bojonegoro menyatakan akan terus meningkatkan pelayanan bantuan untuk para pengungsi. Diantaranya adalah pelayanan kesehatan, distribusi makanan siap saji, sembako, logistik lauk pauk, termasuk kebutuhan anak dan wanita di sejumlah titik pengungsian.

Hingga siang ini (Rabu, 18/12/2013) kondisi debit air Sungai Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Bojonegoro masih terus cenderung mengalami kenaikan. Meskipun di papan duga Karangnongko (Ngraho) debit air mengalami penurunan, namun naiknya permukaan air di wilayah hulu (Dungus, Ngawi) sejak pagi tadi akan tetap membuat status siaga di Bojonegoro rawan bencana.

Sebelumnya, data yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro adalah:
96 desa tergenang
8418 rumah terendam
4985 Hektar sawah terndam
1675 jiwa mengungsi
1013 kambing diungsikan
1151 sapi diungsikan
28 ekor unggas diungsikan
4,6 Km jalan kabupaten tergenang
151 Km jalan desa tergenang
15 Gedung sekolah TK terdampak
29 Gedung sekolah SD terdampak
3 Gedung sekolah SMP terdampak
14 unit masjid terdampak
90 unit musholla terdampak

Dari data tersebut, diketahui jumlah pengungsi terbanyak berasal dari wilayah Kecamatan Dander, trucuk dan Kota Bojonegoro. (hms)

Leave a Comment