Share

HUT Pemadam Kebakaran, Mendagri: Petugas Harus Terus Kembangkan Skill Penyelamatan

Bojonegoro – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang ke-102, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap di masa pandemi para petugas pemadam kebakaran tetap melaksanakan tugas secara prima. Mendagri

Upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang ke- 102 di Bojonegoro, Senin (1/3/2021) didelar di Pendopo Pemkab Bojonegoro. Mendagri Tito Karnavian menjadi inspektur upacara secara virtual. Upacara diikuti secara virtual oleh seluruh pemadam kebakaran di Kabupaten/ Kota se- Indonesia.

Mendagri Tito Karnavian menuturkan bahwa HUT Pemadam Kebakaran tahun ini mengangkat tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru. Ini merupakan tantangan Dinas Pemadam Kebakaran untuk tetap melaksanakan tugas karena dalam masa pandemi kebakaran dan masalah yang berkaitan dengan penyelamatan di masyarakat tetap terjadi.

“Kita harus tetap bekerja, untuk melaksanakan tugas pokok tersebut. Untuk itu kita harus beradaptasi tentunya dengan menggunakan peralatan tertentu sesuai dengan prokes yang ditetapkan,” ungkapnya.

Mendagri menjelaskan bahwa adapun tugas lain dari pemadam kebakaran yang tidak kalah penting adalah misi penyelamatan. Jangan hanya fokus dalam masalah kebakaran namun harus mampu mengembangkan skill dalam penyelamatan.

“Negara kita merupakan daerah yang rawan bencana, maka dari itu para petugas harus bisa mengembangkan skill penyelamatan dan mampu bersinergi dengan badan-badan yang lain,” tutur Tito Karnavian

Ia berharap Pemda memberikan perhatian lebih dengan mengeluarkan peraturan terkait anggaran yang benar-benar memadai, untuk tunjangan dan sarana prasarana agar dapat maksimal dalam melaksanakan tugas.(fif/nn)

Leave a Comment