Share

Idfos Beri Pendampingan Desa di Bojonegoro

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Idfos, melakukan pendampingan bagi desa di seluruh Kabupaten Bojonegoro, menuju pemerintah desa yang berkualitas dan demokratis.

Bojonegoro (Media Center) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Idfos, melakukan pendampingan bagi desa di seluruh Kabupaten Bojonegoro, menuju pemerintah desa yang berkualitas dan demokratis.

Direktur Utama Idfos, Ahmad Taufik menyampaikan, pendampingan tersebut seiring terbitnya Undang-undang desa No 6 tahun 2014 dimana desa akan menerima dana sebesar 10 persen dari APBN yang masuk langsung ke desa. Dengan hitungan yang ada, kurang lebih desa akan menerima sebesar Rp 1,5 Miliar.

“Disini yang menjadi masalah krusial adalah manusianya, bagaimana uang tersebut menjadi berkah dan bukan sebaliknya,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan, pendampingan ini juga mendukung agar pemerintah desa terutama kepala desa bisa mengelola keuangan dengan baik. Bahkan, dengan adanya empat Peraturan Bupati diantaranya Perbub gerakan desa sehat dan cerdas, Perbub anggaran desa, Perbup wali amanah desa, dan Perbup laporan kinerja pemdes, pemerintah desa bisa menjalankan pengelolaan yang lebih baik.

“Dengan empat Perbup itu, desa secara otomatis telah melaksanakan semua aturan-aturan yang jumlahnya sangat banyak di Undang-Undang Desa,” tegasnya.

Pihaknya berharap, semua desa termasuk desa Ring 1 Lapangan Minyak dan Gas Bumi yang mendapatkan dana lebih besar dari lainnya, mampu mengefektifkan kinerjanya dalam pengelolaan keuangan dengan bekerja cepat, tepat dan bermanfaat.

“Dalam melaksanakan undang-undang desa ini, kita akanmendampingi sampai sukses nantinya,” tukasnya.(re/**mcb)

Leave a Comment