Share

Informasi Data Kontrak Pemkab Bojonegoro Bebas Diakses Masyarakat

Bojonegoro, 23/3 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Kamis (22/3) menggelar bimbingan teknis operator aplikasi Bojonegoro Open System (BOS). Kegiatan yang diikuti sekira 73 peserta dari seluruh OPD dan kecamatan ini digelar di Lantai 4 Gedung Pemkab Bojonegoro oleh Bagian pembangunan dengan pendampingan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo).

Untuk mendampingi peserta dalam bimtek BOS ini, Dinkominfo menerjunkan lima petugas. Disampaikan Kabid e-Gov, Alit Saksama, Dinas Kominfo berperan untuk pengembangan aplikasi BOS yang nantinya akan digunakan oleh semua OPD dan kecamatan untuk mengunggah data kontrak.

“Masing-masing SKPD memiliki satu akun user yang teknisnya bisa dipakai beberapa orang. Jadi nantinya tak hanya staf yang mengikuti bimtek ini saja, namun diharapkan Kasi bisa mengupload sendiri data kontraknya,” jelas Alit pada kanalbojonegoro.com, Kamis (23/3).

Ia menambahkan, Aplikasi BOS ini merupakan salah satu Renaksi Open Government Partnership (OGP) keempat yakni transparansi dokumen kontrak pengadaan barang dan jasa. Selain itu, hal ini juga sesuai dengan Perda Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2017 tentang pelayanan informasi.

“Untuk mengkases informasi data pengadaan barang dan jasa bisa melalui website bos.bojonegorokab.go.id,” imbuhnya.(*mcb)

Leave a Comment