Share

Inilah Program Pembangunan Bojonegoro 2015

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Bojonegoro menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayahnya untuk mendukung percepatan perkembangan perekonomian di wilayahnya. Sejumlah infrastruktur yang akan dibangun adalah jembatan yang menghubungkan Kota Bojonegoro dengan wilayah Trucuk.

Pembangunan jembatan tersebut akan menghabiskan dana Rp85 miliar termasuk untuk jembatan Padang –Kasiman. Jembatan Bojonegoro – Trucuk akan dibangun dengan desain yang bisa menjadi icon Bojonegoro karena letaknya di perkotaan.

Selain itu, DPU juga menganggarkan Rp318 M untuk melannjutkan sejumlah pembangunan di antaranya Gedung Pemkab, Masjid Darussalam, RSUD Jl. Veteran dan juga untuk penyelesaian Gelanggang Olah Raga (GOR) yang terletak di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander.

Sedangkan untuk infrastruktur di lingkungan masyarakat seperti pemukiman kumuh dialokasikan sebesar Rp97 miliar. Sementara untuk jalan poros desa sepanjang 1.162 Km yang sudah di paving dari total jalan poros desa sepanjang 1500 Km.

Untuk jalan Kabupaten ada sekitar 628 Km dengan rincian 520 Km keadaannya baik, 70 Km rusak sedang, dan sisanya dalam keadaan rusak.

“Ini dikarenakan, hasil penelitian bahwa struktur tanah yang ada di wilayah utara merupakan yang paling labil sehingga akan dilakukan perbaikan jalan dengan sistem beton bertulang,” kata Kepala DPU Bojonegoro, Andie Tjandra.

Selain itu juga membangun jalan poros kecamatan, poros desa dan jalan lingkungan atau lorong yang menjadi tanggungjawab DPU. Sedangkan untuk jalan desa maupun lingkungan mulai dibangun 2009 lalu menggunakan paving.

Setelah selesai pembangunannya jalan tersebut diserahkan kepada desa dan secara langsung menjadi tanggung jawab desa. “Desa berkewajiban memelihara dengan menggunakan ADD yang telah diberikan oleh Pemkab,” tegasnya.

Andie berharap, masyarakat diharapkan memahami permasalahan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Karena, 20% anggaran ADD harus digunakan untuk infrastruktur desa.(dwi/*mcb)

Leave a Comment