Share

Jadwal PPDB Online Bojonegoro Ditetapkan

Bojonegoro (Media Center) – Persiapan Penerimaan Pesereta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran 2015/2016 telah melalui tahap pengesahan Petunjuk Tenis (Juknis). Dalam PPDB kali ini, Tes Skolastik menjadi penetu utama diterima atau tidaknya pendaftar di sekolah yang dituju.

Kepala Bidang (Kabid) SMP-SMA/SMK Dinas Pendidikan Bojonegoro, Puji Widodo mengungkapkan, pendaftar pertama disarankan ke sekolah yang dituju meskipun siswa dibolehkan mendaftar di dua sekolah. Setelah mendaftar, calon peserta didik akan mengikuti tes. Dalam penentuan penerimaan siswa baru, hasil Ujian Nasional (UN) 40%, tes skolastik 50% dan prestasi 10%.

“Tes skolastik yang menjadi penentuk masuk sekolah,” ujarnya.

Puji menyebutkan, tak ada banyak perbedaan antara sistem PPDB tahun ini dengan tahun lalu. Tes bakat skolastik ini hanya akan dilakukan pada sekolah yang menjadi peserta dalam PPDB Online. Selain itu, masing-masing sekolah yang non PPDB online berhak menggelas tes skolastik maupun tes kemampuan lainnya.

“Seperti madrasah mungkin ada tes lain yang diperlukan,” lanjutnya.

Mantan Kepala SMAN 1 Bojonegoro itu menuturkan, bagi siswa yang mendaftar di dua sekolah dan sudah mengikuti tes skolastik, untuk masuk di sekolah yang belum memenuhi pagu tidak perlu tes skolastik lagi.

“Nilai tes nanti secara otomatis akan turun ke pilihan kedua,” tukasnya.

Ditambahkan, siswa luar daerah yang ingin sekolah di Bojonegoro harus sudah didata  dengan mengirimkan ijazah dan SKHUN. Mengantisipasi ijazah yang belum diterima, peserta bisa menggunakan surat keterangan lulus yang ditanda tangani kepala sekolah.(lya/*mcb)

Berikut jadwal PPDB Online SMP, SMA dan SMK di Bojonegoro:

– Pendaftaran gelombang pertama : 24 – 27 Juni 2015
– Pendaftaran gelombang kedua : 7 – 11 Juli 2015 (Apabila pagu gelombang pertama tidak terpenuhi)
– Tes Bakat Skolastik : 29 Juni 2015
– Tes Bakat Skolastik (susulan) : 1 Juli 2015 (apabila sakit, disertai surat keterangan dokter)
– Pengumuman hasil : 6 Juli 2015
– Daftar ulang : 6 – 11 Juli 2015
– Persiapan dan kegiatan MOS (Sekolah)

Leave a Comment