Share

Jalur Online, Warga Bojonegoro Makin Dekat dengan Pemerintah

Semenjak instruksi pemanfaatan jejaring sosial oleh setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Jawa Timur dikeluarkan, perlahan tapi pasti, telah menambah kelancaran arus interaksi warga dengan pemerintah

Bojonegoro (Media Center) – Semenjak instruksi pemanfaatan jejaring sosial oleh setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Jawa Timur dikeluarkan, perlahan tapi pasti, telah menambah kelancaran arus interaksi warga dengan pemerintah.

Setidaknya itu yang berkaitan dengan SKPD bertupoksi bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) serta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bojonegoro.

Melalui akun-akun twitternya, kedua SKPD dengan cepat merespon pertanyaan dari warga Bojonegoro. “Betul, #TamanRajekwesi selesai pada 2015,” tulis @dkp_bjn yang merupakan akun twitter resmi DKP.

Jawaban tersebut diberikan atas pertanyaan mengenai realisasi rencana pembangunan taman di eks Terminal Rajekwesi. Sementara itu, DPU Bojonegoro yang mempunyai akun twitter resmi di @pu_bojonegoro, secara cepat merespon keluhan dan pertanyaan warga mengenai sejumlah jembatan yang dilaporkan rusak.

Tak hanya merespon, @pu_bojonegoro juga secara lengkap melampirkan foto-foto kondisi terkini di lokasi yang diadukan warga. Sementara itu, selain DKP dan DPU, Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, juga menyatakan akan memanfaatkan jalur jejaring sosial, utamanya twitter dalam berinteraksi dengan warga.

Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, melalui Mediacenter Mas Toemapel Bojonegoro, menyatakan akan terus melakukan optimalisasi interaksi dengan pemanfaatan Teknologi Informasi.

“Masyarakat harus diberi akses seluas-luasnya, untuk menyalurkan aspirasinya. Termasuk pemanfaatan jejaring sosial,” kata Kusnandaka Tjatur, Kepala Dinas Kominfo. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengirimkan aduan masyarakat melalui jejaring sosial ke SKPD terkait.

Selain memantau jejaring sosial, Mediacenter Mas Toemapel Bojonegoro juga mencermati aduan warga yang masuk ke Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Baik itu yang menggunakan jalur sms, maupun yang mengadukan secara online dalam sistem Lapor. (*/mcb )

2 Comments on this Post

  1. Kang Parjo

    mohon twitter BKD dan DIKNAS serta PERIJINAN segera diposting ke publik ….

    Reply

Leave a Comment