Share

JAMAN Bojonegoro Panen Demplot Padi Organik

Bojonegoro (Media Center) – Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Bojonegoro bersama Kelompok Tani Margi Rahayu Desa Jatiblimbing Kecamatan Dander , melakukan kegiatan sosialisasi tanaman organik terhadap anggota Kelompok tani.

Kegiatan ini diawali dengan melihat langsung tanaman padi organik di lahan demplot seluas 0,3 Ha milik Ketua Kelompok yang sedang dipanen. Demplot adalah metode penyuluhan pertanian dengan cara membuat lahan percontohan atau petak percontohan budidaya pertanian.

Ketua Bidang Pangan JAMAN Jatim, Sukardi mengatakan dalam waktu dekat JAMAN akan membangun kerjasama dan pendampingan terhadap kelompok tani secara massal untuk mewujudkan kedaulatan dan swasembada pangan.

“Kelompok tani Margi Rahayu Desa Jatiblimbing ini akan menjadi contoh program demplot- demplot pertanian padi organik bagi kelompok tani lain sehingga petani tidak ragu untuk memulai sistem organik ini,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Ternak Margi Rahayu, Swedy Hendrik Bale mengatakan, Demplot padi organik ini semoga bisa menjadi media pelajaran khususnya bagi anggota kelompok. Tadi semua anggota kelompok sudah melihat perbandingan antara sistem organik dengan kimia.

“Meskipun saat ini kita masih belum bisa menghitung hasil rendemen atau tonase berasnya karena masih proses panen padi organiknya,” lanjutnya.
Swedy berharap , JAMAN lebih intens membangun kerjasama dan pendampingan terhadap kelompok tani. Sehingga program swasembada pangan pemerintah tidak hanya menjadi pepesan kosong.

Dalam kesempatan yang sama petugas PPL Pertanian, Mahmud, menyatakan, bahwa Budidaya tanaman sehat berasal dari petani yang sehat. Sudah saatnya menghilangkan budaya petani manja dan maunya instan.

“Petani sudah harus bisa mandiri bikin pupuk kompos atau organik sendiri sehingga tidak tergantung pada pupuk kimia yang semakin lama semakin berkurang jatahnya buat petani dan cenderung merusak kesuburan tanah,” pungkasnya. (rin/*acw)

Leave a Comment