Share

Jamin Tak Bocor, Soal UN CBT Ada 500 Tipe

Bojonegoro (Media Center) – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dengan cara Computer Base Test (CBT) di Kabupaten Bojonegoro harus dilakukan dalam tiga gelombang. Hal ini lantaran masing-masing sekolah penyelenggara CBT minimal memliki jumlah perangkat komputer sepertiga dari jumlah siswa peserta UN.

Kondisi ini sempat menuai perhatian lantaran rawan terjadi kebocoran soal. Namun, hal ini ditepis dengan jumlah tipe soal yang mencapai ratusan.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bojonegoro, Yudi Pramono mengatakan, kebocoran soal sudah diantisipasi oleh panitia UN 2015. Ia menyebutkan, jumlah tipe soal mencapai 100 tipe.

“Dari seratus tipe ini, masing-masing nomor soal pilihan ganda jawaban diacak. Jika satu soal ada lima pilihan jawaban, maka tipe soal bisa sampai 500 tipe,” jelasnya saat ditemui kanalbojonegoro.com, Selasa (14/4).

Ia menyebutkan, dalam pelaksanaan UN CBT ini juga tak melibatkan pengawas. Dalam satu ruang dibutuhkan satu orang proktor, asisten proktor dan juga teknisi.

“Karena siswa tidak bisa mencontek, jadi hanya dibutuhkan tiga orang untuk mengawal siswa saat memasukkan token dan jika ada komputer yang macet,” tukasnya. (lya/*acw)

Leave a Comment