Share

Jaring Investor, Pemkab Bojonegoro Janjikan Diskon dan Fasilitas

Dengan tegas Bupati Bojonegoro menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan memberikan kemudahan perijinan bahkan diskon bagi pengusaha yang ingin membuka investasi di Kabupaten Bojonegoro. Bupati mencontohkan, pemerintah pernah memberikan diskon perijinan hingga angka ratusan juta untuk salah satu hotel berbintang di Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Dengan tegas Bupati Bojonegoro menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan memberikan kemudahan perijinan bahkan diskon bagi pengusaha yang ingin membuka investasi di Kabupaten Bojonegoro. Bupati mencontohkan, pemerintah pernah memberikan diskon perijinan hingga angka ratusan juta untuk salah satu hotel berbintang di Bojonegoro.

Hal ini dilakukan untuk membangun iklim investasi di Bojonegoro yang ramah dan kondusif. Harus diakui, selama ini birokrasi pemerintahan khususnya bidang perijinan dan lain sebagainya dianggap cenderung ribet dan sulit. Bupati dalam beberapa kali kesempatan menjelaskan untuk menumbuh kembangkan iklim investasi ini adalah adanya jaminan iklim yang aman dan nyaman untuk investasi. Harus diakui bahwa keamanan dan kondusif menjadi salah satu pertimbangan untuk berusaha. Bagi sebagian kalangan pengusaha, jaminan bahwa usaha yang mereka lakukan tidak mendapatkan hambatan dan halangan menjadi hal mutlak. Oleh karenanya, pemerintah sama sekali tidak akan menghalangi berkembangnya iklim investasi di Bojonegoro. Apalagi di Bojonegoro Upah Minimum Kabupaten (UMK) jauh lebih rendah dibandingkan beberapa wilayah sekitarnya. UMK Bojonegoro baru menyentuh angka kurang lebih 1,2 juta rupiah. Apalagi kini alat transportasi semakin tersedia dengan dibukanya jalur double track rel kereta api. Melihat prospek ini maka dipastikan investasi akan semakin menjanjikan bila dikembangkan di Bojonegoro

Selain beberapa hal tersebut, untuk membuka celah investasi ini maka pemerintah dalam hal inipun akan menyediakan salah satunya adalah infrastruktur pendukung seperti jalan dan unit-unit lainnya. Bahkan, dengan tegas pula Bupati menyampaikan kita akan memberikan kemudahan perijinan, dengan catatan kelengkapan untuk perijinan terpenuhi dan ramah dengan lingkungan pastinya. Demikian pula untuk kemampuan dari tenaga kerja di Bojonegoro. Untuk diketahui pada tahun ini dan tahun depan pemerintah akan menyediakan paket pelatihan keterampilan kurang lebih 12 ribu paket . Hal ini dalam rangka menambah keterampilan dan kapasitas tenaga kerja di Bojonegoro. Hal lain yang sudah dilakukan adalah dengan mencetak generasi muda Bojonegoro yang dicetak melalui beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Bojonegoro dengan berbagai jurusan. Ditambah lagi lulusan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bojonegoro yang sudah dipersiapkan untuk memiliki kompetensi dari beragam ketermpilan.

Berdasarkan data yang dihimpun Humas Bojonegoro, Sejumlah SMK di Bojonegoro sudah memiliki kontrak kerjasama dengan beberapa perusahaan berkelas nasional dan internasional. Seperti SMKN 2 Bojonegoro berdasarkan catatan dari 423 lulusannya 44 siswa langsung terikat kerjasama dengan berbagai perusahan, dan 90 persen sudah bekerja pula diberbagai bidang pekerjaan. Lulusan SMK Purwosari bahkan menorehkan prestasi yang gemilang dari 296 lulusannya di tahun 2013 lalu sejumlah 170 siswa juga diterima bekerja di berbagai perusahaan. Ini adalah sebagian kecil contoh dari kesiapan pemerintah mencetak generasi yang unggul dan memiliki daya saing untuk mampu merebut peluang kerja.(humas/**mcb)

Leave a Comment