Share

Jelang ADD Rp 1 Miliar, Inspektorat Gabungkan Pembinaan dan Pemeriksaan

Inspektorat Kabupaten Bojonegoro saat ini tengah gencar melakukan pemeriksaan dan pembinaan bagi desa-desa di Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Inspektorat Kabupaten Bojonegoro saat ini tengah gencar melakukan pemeriksaan dan pembinaan bagi desa-desa di Kabupaten Bojonegoro. Tak seperti pembinaan biasanya, yang selalu menggunakan metode klasikal, seminar dan workshop, inspektorat menerapkan metode yang menyerupai pemeriksaan.

Yakni mengharuskan adanya bukti-bukti dan dokumen yang dibutuhkan, meskipun tanpa tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), pembinaan sekaligus pemeriksaan ini harus dilakukan untuk menyiapkan desa yang pada 2015 nanti akan mendapat anggaran mencapai Rp1 M perdesa.

Itu dilakukan guna menekan timbulnya penyelewengan, yang lebih sering terjadi akibat ketidaktahuan aparat desa. Dalam kegiatan itu, telah disiapkan empat tim auditor yang diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan reguler. Mulai dari Inspektorat Pembantu Wilayah (IPW) 1 yang bakal melakukan pemeriksaan ke Sugihwaras, IPW 2 ke Kecamatan Kanor, IPW 3 di Kecamatan Dander dan IPW 4 di Kecamatan Ngraho.

“Usai pembinanaan, nanti di buku tamu langsung diberi catatan tentang berbagai hal. Mulai penyusunan APBDes, hingga tali asih dan lain sebagainya,” kata Inspektur, Agus Suprayitno. Tak hanya itu, dalam pembinaan ini, Inspektorat juga menanyakan terkait kondisi aset desa, kejelasan keberadaan aset desa, bisa berfungsi atau tidak, serta akan dilakukan pengecekan kelengkapan surat-suratnya.

“Kita lihat bagaimana kondisinya, masih baik atau telah rusak,” imbuhnya. (**mcb )

Leave a Comment