Share

Jelang Ramadhan, Bunga Tabur Laris Manis

Momen jelang datangnya bulan suci Ramadhan, menjadi berkah tersendiri bagi sebagian orang, salah satunya adalah penjual bunga tabur yang bisa dengan mudah ditemui di hampir semua ruas jalan protokol di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Penjual bunga tabur ini selalu memanfaatkan momen puasa, lantaran tradisi ziarah kubur menjelang Ramadhan masih dilakukan.

Bojonegoro (Media Center) – Momen jelang datangnya bulan suci Ramadhan, menjadi berkah tersendiri bagi sebagian orang, salah satunya adalah penjual bunga tabur yang bisa dengan mudah ditemui di hampir semua ruas jalan protokol di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Penjual bunga tabur ini selalu memanfaatkan momen puasa, lantaran tradisi ziarah kubur menjelang Ramadhan masih dilakukan.

Salah satunya Kasiyan, perempuan asal Desa Ngablak, Kecamatan Dander, ia mengaku berjualan setiap hari menjelang Ramadhan. “Sudah seminggu ini jualan setiap hari, biasanya hanya saat kamis legi,” ujarnya sambil membungkus bunga tabur dagangannya.

Untuk harga setangkup bunga tabur yang terdiri dari bunga kenanga, bunga mawar dan bunga melati gading Kasiyan hanya mematok harga Rp3.000,-. Harga ini lebih mahal dari harga pada hari biasa lantaran bunga melati gading saat ini sulit didapat.

“Harga bunga gading sekarang mahal, biasanya Rp1.000,- sekarang Rp1.500,-” imbuhnya. Untuk mendapatkan ketiga jenis bunga ini, menurut Kasiyan, dirinya dan sejumlah pedagang bunga tabur lainnya menunggu datangnya pemasok.

“Tiap dini hari, ada pemasok datang di timurnya pasar, kami berkumpul disitu,” katanya. Pemasok bunga-bunga tersebut ada yang dari Bojonegoro dan ada pula yang dari Tuban. (*/lyamcb)

Leave a Comment