Share

Jembatan Widang Tuban Akan Difungsikan H-12

Bojonegoro, 1/6 (Media Center) – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya, Jawa Timur, akan memfungsikan jembatan Widang di Kecamatan Widang, Tuban, H-12 atau pada 3 Juni maju dua hari dari jadwal, karena sudah selesai diperbaiki.

“Tapi kalau jembatan Widang difungsikan tetap dalam pengawasan,” kata Kepala Bidang Presertasi BBPJN VIII Surabaya Sodeli, di lokasi jembatan Widang, Kamis (31/5).

Pengawasan, lanjut dia, mencegah kendaraan kelebihan muatan melewati jembatan, namun kendaraan yang bisa melewati hanya kendaraan ringan.

“Kendaraan bus yang standar masih diperbolehkan,” ujarnya.

Namun, menurut dia, kendaraan dengan beban berat tetap tidak dilarang melewati jembatan Widang yang melintas di Bengawan Solo bagian timur.

“Jembatan Widang akan difungsikan setelah ada rekomendasi dari Pusat Kajian Jalan dan Jembatan bahwa jembatan Widang aman,” ucapnya.

Sekarang ini, menurut dia, pekerjaan yang dilakukan yaitu pengaspalan jalan di jembatan, selain memeriksa keamanan jembatan seperti kondisi baut juga yang lainnya.

“Pengaspalan dalam waktu sehari selesai,termasuk pemeriksaan baut-batu di bentang jembatan yang ada,” katanya menegaskan.

Kapolsek Babat, Lamongan Kompol Agus Wahono, menambahkan patroli tetap dilakukan untuk mengantisipasi kondisi pekerjaan, meskipun perbaikan jembatan Widang sudah selesai.

Jembatan Widang, di Kecamatan Widang, Tuban, ambruk, pada 17 April mengakibatkan tiga truk masuk ke Bengawan Solo.

Dalam kejadian itu seorang pengemudi truk meninggal dunia dan dua pengemudi truk dan dua pengemudi sepeda motor menderita luka-luka. (*/mcb)

Leave a Comment