Share

Kantor Arsip dan Perpustakaan Pindah di Jalan Patimura

Kantor Arsip dan Perpustakaan Bojonegoro mulai menempati kantor baru di bekas kantor Pemuda dan Olahraga dan Pendidikan, Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Boojnegoro di Jalan Patimura No 36, mulai Senin (20/10/2014). Sebelumnya Kantor Arsip dan Perpustakaan itu berada di jalan Basuki Rahkmad No 69 Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Kantor Arsip dan Perpustakaan Bojonegoro mulai menempati kantor baru di bekas kantor Pemuda dan Olahraga dan Pendidikan, Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Boojnegoro di Jalan Patimura No 36, mulai Senin (20/10/2014). Sebelumnya Kantor Arsip dan Perpustakaan itu berada di jalan Basuki Rahkmad No 69 Bojonegoro.

Saat ini sebagian ruangan kantor baru Arsip dan Perpustakan mulai dibenahi dan ditata untuk perpustakaan. Lokasi ruangan perpustakaan itu berada di pintu masuk kantor sebelah timur. Di lokasi ini ada gedung dua lantai, yakni lantai bawah dipergunakan sebagai ruang Informatika Tekhnologi (IT) dan lantai atas dipergunakan sebagai ruang baca perpustakaan daerah.

Kantor Arsip dan Perpustakaan yang baru ini menempati lahan lebih luas daripada kantor yang lama. Yakni luas lahan yang ditempati mencapai 2000 meter persegi dengan dua lokal gedung kantor dan 1 musholla.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Bojonegoro, Slamet Taufik, menjelaskan, bagi masyarakat yang akan ke perpustakaan diutamakan meskipun sedang dilakukan pembenahan.

“Pelayanan tetap jalan. Bagi masyarakat yang ingin ke purpastakaan tetap akan dilayani,” kata Taufik.

Taufik menjelaskan, selain bisa meminjam buku dan baca, masyarakat jug bisa menggunakan IT gratis karena di perpusataakn disiapkan 10 unit komputer yang di operasionalkan. “Selain itu tersedia pula area wifi sehingga masyarakat bisa mengakses wifi disana secara gratis,” ujar Taufik.

Disamping melayani perpustakaan manual maupun IT di kantor, Kantor Arsip dan Perpustakaan juga melaksanaan pelayanan keliling degan didukung tiga unit mobil perpustakaan keliling. Tiga mobil ini beroperasi di bagian wilayah timur, barat dan selatan Bojonegoro.

“Setiap mobil juga dilengkapi enam laptop yang bisa digunakan oleh masyarakat degan akses internet melalui modem. Mobil ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di desa-desa terpencil yang belum memiliki akses internet,” pungkas Taufik.(**numcb)

Leave a Comment