Share

KBR Bojonegoro Hasilkan 40.000 Bibit Setahun

Bojonegoro (Media Center) – Kebun Bibit Rakyat (KBR) di Kabupaten Bojonegoro kini telah menghasilkan hingga 40.000 bibit setiap tahunnya. Bibit-bibit ini tak diperjual belikan, namun harus ditanam di sekitar lokasi dan dibagikan secara cuma-cuma untuk penghijauan di Bojonegoro.

Nurcholis, Kabid Konservasi Tanah Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, di Bojonegoro terdapat 13 KBR yang didanai oleh Balai Besar Bengawan Solo. KBR ini melakukan pembibitan diantaranya tanaman sengon, mahoni, jati. Sedangkan untuk tanaman buah ditanam bibit sirsak, jambu dan sukun.

“KBR ini memang program dari Balai Besar Bengawan Solo, namun kita turut mengawasi terutama untuk penanaman bibitnya,” jelas Nur.

KBR di Bojonegoro tersebar di beberapa titik mulai di Kecamatan Ngasem, Bubulan, Ngambon, Tambakrejo, Kepohbaru, Sugihwaras, Margomulyo, Purwosari dan Padangan.

Nurcholis menambahkan, pembuatan bibit ini ditargetkan dengan perbandingan 70% tanaman kayu dan 30% tanaman multifungsi.

“Namun jenis tanamannya tak ditentutan, tergantung ketersediaan jenis tanaman disekitar lokasi KBR,” lanjutnya.

Bibit hasil buatan KBR ini, selain ditanam di sekitar lokasi juga bisa diberikan pada warga lain atas saran dari Dishutbun. Program ini telah dilakukan beberapa tahun dan akan dilanjutkan sebagai langkah penghijauan di Bojonegoro. (lya/*acw)

Leave a Comment