Share

Kelola Dana Abadi, Pemkab Beri Pinjaman Biaya Kuliah

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Suyoto mengenalkan Bojonegoro pada ratusan akademisi yang menghadiri seminar nasional di Yogyakarta, Jumat (17/4/2015) lalu. Dalam seminar yang bertajuk ‘Tata Kelola Pengembangan Indonesia Menuju Masa Depan’ ini, Bupati yang akrab disapa Kang Yoto ini mengenalkan Bojonegoro yang dulunya merupakan salah satu Kabupaten termiskin di Pulau Jawa.

Dimulai dengan sejarah kemiskinan di Bojonegoro, Suyoto melanjutkan pengenalan Bojonegoro dengan berbagai potensi yang dimiliki kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini. Ia menuturkan, sebelum ditemukannya minyak di Bojonegoro, banyak kalangan yang bahkan tak mengenal Bojonegoro. Hal inilah yang menunjukkan Bojonegoro memiliki daya tarik tersendiri lantaran memiliki kandungan minyak bumi dan gas yang melimpah.

“Kemiskinan Bojonegoro bahkan disebutkan Panders, penulis Belanda yang menyebutkan kemiskinan luar biasa yang melanda saat jaman pendudukan Belanda,” ujar orang nomor satu di Bojonegoro.

Bojonegoro yang identik dengan daerah miskin, infrastruktur rusak, mental peminta, langganan banjir dan lain sebagainya ini menunjukkan awal pembangunan Bojonegoro adalah memperbaiki mental masyarakat hingga birokratnya. Sementara untuk pengelolaan hasil dari migas yang terkandung di Bojonegoro, Suyoto mengaku telah melakukan berbagai hal untuk keberlangsungan dana ini dalam jangka panjang.

Bupati menuturkan penerimaan sector minyak Bojonegoro tidak dihamburkan begitu saja, namun dikelola dalam bentuk dana abadi migas. Salah satu caranya, saat ini Pemkab menyekolahkan beberapa dokter spesialis diluar negeri dan Jakarta. Tak hanya itu, ia juga membuka peluang dana pinjaman bagi mahasiswa dan dosen yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

“Dana dikembalikan setelah mereka bekerja dan nol bunga. Bila tidak bisa mendapatkan pekerjaan maka dana yang dipinjam tak harus dikembalikan,” tukasnya.(Humas/lya/*acw)

1 Comment on this Post

  1. ahmad sholihan

    bagaimana cara mendapat pinjaman tersebut?

    Reply

Leave a Comment