Share

Kemarau, Harga Sayuran Naik

Sejak memasuki musim kemarau harga sejumlah komoditas sayuran di pasar tradisional di Bojonegoro merambat naik. Kondisi itu dipengaruhi minimnya pasokan sayuran dari petani di daerah penghasil sayuran.

Bojonegoro (Media Center) – Sejak memasuki musim kemarau harga sejumlah komoditas sayuran di pasar tradisional di Bojonegoro merambat naik. Kondisi itu dipengaruhi minimnya pasokan sayuran dari petani di daerah penghasil sayuran.

Hal ini diungkapkan Sriyati, pedagang sayur di Pasar Purwosari Bojonegoro. Ia menyebutkan, harga tomat yang semula Rp3.000 per kilogram kini naik menjadi Rp6.000/kg. Harga kentang yang semula Rp8.000/kg kini naik menjadi Rp10.000/kg, harga wortel yang semula Rp5.000/kg kini berangsur naik menjadi Rp6.500/kg, dan harga kubis yang semula Rp3.500/kg kini naik menjadi Rp7.000/kg.

“Hampir semua bahan sayuran harganya merangkak naik,” ujar Sriati yang sudah puluhan tahun menjadi pedagang sayuran tersebut.

Tak hanya harga sayuran, harga bahan bumbu dapur juga naik. Seperti harga cabai merah yang semula Rp6.000/kg kini naik menjadi Rp9.000/kg, harga cabai hijau yang semula Rp4.000/kg kini naik menjadi Rp8.000/kg, harga bawang merah yang semula Rp10.000/kg kini naik menjadi Rp13.000, dan harga bawang putih yang semula Rp7.000/kg juga naik menjadi Rp10.000/kg. Meski mengalami kenaikan, harga cabai ini terus menerus mengalami perubahan harga lantaran bergantung pada jumlah pasokan setiap harinya.

Sementara itu menurut Abdul Khoiron, pemasok sayuran dari Magetan, mengatakan, selama musim kemarau kecenderungannya harga sayuran memang naik. Kondisi itu, kata dia, dipicu terbatasnya jumlah petani yang menanam dan memanen sayuran di daerah penghasil seperti di Magetan, Kediri, Nganjuk, Malang dan juga di Bojonegoro.

“Saat ini musim panen, tapi jumlahnya tak mencukupi permintaan pasar,” jelasnya.

Sebaliknya, saat musim hujan para petani banyak yang menanam sayuran dan hasilnya melimpah. Pada saat seperti itu biasanya harga komoditas sayuran akan anjlok. Sebab, sayuran harus cepat laku dijual karena kalau terlalu lama disimpan akan mudah membusuk.(**mcb)

Leave a Comment